Pemprov DKI Berencana Olah Sampah di Bantargebang Menjadi Energi Listrik - Kabar Berita Terkini | Berita Aktual & Terpercaya | Baca Berita Setiap Hari

Tuesday, August 14, 2018

Pemprov DKI Berencana Olah Sampah di Bantargebang Menjadi Energi Listrik

https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 14 338 1936538 pemprov-dki-berencara-olah-sampah-di-bantargebang-menjadi-energi-listrik-ScNX16CdRz.jpg

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana merubah sampah di Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat menjadi energi listrik.

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, akan menggodok mekanisme Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk merealisasikan rencana mengubah sampah di tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat menjadi energi listrik.

"KPBU itu kan bentuknya masih baru di DKI, kita belum punya prosedurnya. Kita ini sedang mencari pola, setidaknya pola mana yang pas untuk DKI. Projek mana-mana saja yang bisa kita tetapkan jadi projek KPBU," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis TPST Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto saat dihubungi, Selasa (14/8/2018).

Asep menjelaskan, sudah ada 30 perusahaan yang berniat melakukan perubahan seperti itu, tapi khususnya untuk di TPST Bantargebang sendiri hanya ada lima korporasi. Salah satunya adalah PT Multi Energi Terbarukan (PT MET).

Lewat teknik thermochemical melalui quasy pyrolysis, MET siap mengolah sampah di atas areal seluas 110 hektare itu dengan menggunakan cara meningkatkan nilai tata kelola sampah menjadu energi listrik.

"Apakah memang semuanya akan konfirm akan ikut lagi atai tidak, itu mungkin yang akan kami lakukan," kata dia.

Asep mengakui kalau pihaknya memang menyambut baik niat baik dari pihak swasta tersebut. Tapi, ia tak bisa memastikan proses penggodokan itu akan selesai dalam waktu berapa lama. Sebab, keputusan itu berada di pihak Dinas Penanaman Modal dan PTSP DKI Jakarta.

"Ya kita berharap, (tapi) kebetulan yang leadingnya bukan di Dinas LH, ada di dinas lain, di dinas PTSP," tandasnya.

No comments:

Post a Comment

Agen Poker Terbaik di Indonesia